PENANGANAN MASALAH

Pada aplikasi
- Jaringan internet berhasil koneksi tetapi status tidak 7 atau system ready
Penanganannya
Chek tanggal sistem di komputer anda, kemungkinan tanggal dan jam tidak sesuai dengan hari
lebih atau kurang jadi tidak pas.
- Tidak bisa login atau M02 password salah atau M01 User tidak terdaftar
Penanganannya
Silahkan hub admin agar di reset kembali seperti pada saat pendaftaran awal.
- Printer Lx300+ tidak bisa ngeprint karena pake kabel usb bukan kabel Lpt1
Penanganannya
Untuk langkah awal masuk ke start>> setting Printer atau masuk ke control panel pilih
printer and fax selanjutnya di klik maka ada tampilan printer. pilih printer yang di gunakan
contoh LX300+ klik kanan kemudian pilih properties klik sharing printer berinama sharing
printer dengan Epson. klik ok
Selanjutnya buka aplikasi gatepay klik setting >>pilih Port Printer USB, kemudian nama
printer sharing di beri nama sesuai yang nama sharing yaitu epson. klik ok kemudian
komputer di restart
untuk memastikan berhasil atau tidak masuk star>>> run ketik cmd kemudian enter, maka
ada tampilan baru warna hitam, kemudian ketik net use bila ada informasi net use …. maka
sharing printer berhasil tetapi bila tidak ada informasi maka sharing printer gagal. atau
langkah selanjutnya dengan ketik dir >lpt1 kemudian enter bila ngeprint maka sudah
terhubung dan dapat digunakan pada aplikasi gatepay.
- Pada transaksi PLN pada saat di panggil (Query) atau di tampilkan di layar muncul tetapi pada
saat membayar (Payment) gagal atau tidak bisa di bayarkan
Penanganannya
Lihat pada report masuk atau tidak transaksi tersebut bila sudah masuk tetapi tidak mencetak
ke resi silahkan cetak ulang kembali. atau transaksi tidak ada dalam report maka transaksi
ulang kembali. atau ada keterangan error B91 atau B68 artinya terjadi gangguan di server
mitra bisa itu PLN atau mitra biller, bila dalam hal ini tunggu sampai mitra benar-benar siap
dan jangan di transaksikan dahulu.
- Bagaimana masukkan kolektif PLN
Penanganannya
Pada menu PLN ada beberapa menu
Retail
Pada menu ini di entrikan satu persatu biasanya perorangan membawa satu persatu
Menu Jamak
Pada menu ini satu orang bisa membawa lebih dari satu tetapi tidak kontiniu atau kontiniu
(titipan) bisa menggunakan menu ini
Menu Kolektif
Pada menu kolektif asumsi orang ini (kolektor) sudah terdaftar dan menjadi member pada
agen maka dapat di panggil berdasarkan kode kolektor
pada kolektor untuk langkah awal yang belum mengetahui
Klik tombol kolektor kemudian ada tampilan menu masukkan nama kolektor, alamat, no telp
bila perlu kemudian save maka data kolektor sudah masuk dan bertambah.
panggil kode kolektor contoh 0001 maka data kolektor akan muncul di sebelah kanan ada
input id pelanggan dan ada menu masukkan id pelanggan PLN masukkan satu persatu
setelah di input di save.
dari menu listrik panggil kolektor kembali asumsi atau id pelanggan sudah ada
di bawah ada menu cetak rincian artinya mencetak rincian pelanggan, daftar tagihan, nama
dan besar uang (Daftar tagihan). Bayar artinya pelanggan PLN yang menjadi bawahan
kolektor siap di bayar.

Pada Jaringan atau internet
Jaringan internet tidak selamanya itu baik dan selalu tidak ada masalah, terkadang juga jaringan internet mengalami gangguan. Kami coba menulis apa yang sering terjadi pada masalah hal ini.
Kartu dari kami
-Error 691
Penanganan
dimungkin kan terjadi salah password atau salah user id untuk dial up
-Error 800
Penanganannya
di mungkinkan belum terkoneksi ke server, tes dari start>>run ketik cmd kemudian enter
selanjutnya ketik ping ….. (kearah server) bila reply artinya sudah bagus dan bila request time
out dimungkinkan masih mengalami gangguan jaringan.
- Error 718
Penanganannya
Proses instalasi berhasil tetapi no dial tone artinya pada saat proses instalasi modem atau
perangkat minta di restart dan chek modem dari control panel

Pengguna kartu bukan dari kami
Ada juga agen agen tidak menggunakan kartu dari kami dikarenakan keterbatasan kartu di kami, sinyal di lokasi lemah, jarak kami dengan agen agen berjauhan sehingga dapat di mungkinkan menggunakan kartu selain yang kami sarankan. Adapun kartu yang digunakan berfariasi seperti Telkomsel karti simpati pd, kartu halo. Indosat kartu Im3, kartu Im2 Broem, Smart, Flexy atau speedy
-Error 619
Penanganan
dimungkin kan terjadi salah password atau salah user id untuk dial up atau apn tidak ada
-Error 800
Penanganannya
di mungkinkan belum terkoneksi ke server, tes dari start>>run ketik cmd kemudian enter
selanjutnya ketik ping ….. (kearah server) bila reply artinya sudah bagus dan bila request time
out dimungkinkan masih mengalami gangguan jaringan.
- Error 718
Penanganannya
Proses instalasi berhasil tetapi no dial tone artinya pada saat proses instalasi modem atau
perangkat minta di restart dan chek modem dari control panel

Diposkan oleh Pemasaran Tektaya di 22:49 8 komentar

Sabtu, 2009 Juli 11

Penanganan Masalah di Tektaya

CO


Selamat Datang
Kepada Para agen Yang terhormat,
Dengan ini kami membuka forum untuk layanan penanganan masalah-maslah yang terjadi di Tektaya, semoga bermanfaat.

Dalam Form ini kami akan mencariakn solusi yang terbaik agar tidak ada discomunication atau kumunikasi yang tidak nyambung. jadi kami membuat form ini agar tetap hidup dan semoga kami akan mencari solusi yang terbaik. Baik itu masalah atau kendalah di jaringan kendala di sisi aplikasi atau kendala yang lainnya

Informasi media koneksi.
Untuk Media koneksi saat ini beragam, ada speedy (telkom), dengan GPRS (im2, im3, telkomsel,), CDMA (smart). banyak pengguna telah mengetahui dan dapat menggunakannya. Untuk informasi kecepatan dan kehandalan banyak juga komentar komentar. kami tidak membatasi hal tersebut silahkan memilih mana yang lebih baik dan sinyalnya cukup.
Untuk hal tersebut langkah awal selalu dengan tes koneksi dengan cara pinging yaitu dari dospromt ketik ping….. bila berhasil selanjutnya membuat koneksi mengarahkan ke server dengan menggunakan virtual private network.
Koneksi akan berjalan lancar dipengaruhi juga dengan, performan komputer tersebut, sinyal yang cukup, dan komputer tidak terserang virus. Banyak agen yang kami pandu pada saat test pinging berhasil tetapi pada saat pembuatan virtual private network mengalami kendala.

Informasi Aplikasi
Aplikasi dibuat dan di bangun dengan sesederhana mungkin agar dalam proses tidak menggangu performance. Untuk hal tersebut pengembang menyederhanakan proses baik di sisi transaksi maupun di penyimpanan data.
Untuk memanggil sisi layanan bisa dengan menekan tombol fungsi F1 atau F2 maka akan bergantian arahnya sesuai apa yang akan diinginkan dalam layanan.
Peringatan dalam layanan pun cukup beragam mulai dalam pencetakan resi sampai dengan pencetakan laporan, laporan gangguan atau kendala di sisi jaringan sampai dengan penutupan layanan.
Bila ada kendala dalam layanan Telkom, pada saat di transaksikan terjadi hubungan putus atau disconected maka di entrikan ulang. Pada saat di entrikan ulang sukses maka tagihan langsung dapat di cetak tetapi bila ada informasi atau keterangan “Tagihan sudah di bayar” maka tunggu dalam waktu dua hari kerja selanjutnya akan kembali dapat ditransaksikan.
Informasi lainnya
salam dan sukses semoga dapat berkarya yang lebih baik

COPY FROM customertektaya.blog

Responses

  1. saya agen baru ppob,aplikasi gatepay saya kok g bisa dibuka
    selalu muncul pesan error anda tidak bisa mengakses aplikasi gatepay dari terminal [pc] ini…,tolong dikasih solusinya,dan terima kasih sebelumnya .

    • coba buka kontrol panel dan lihat network connections dan cek lokal area connection

  2. barang kali mac addres anda berubah… silahkan di cek mac adress anda sekarang dengan yang waktu anda daftar. kalau berubah kembalikan mac addresnya menggunakan aplikasi k-mav

    • Cara Cek Mac Adress itu gimana …??? tolong di uraikan

  3. Bos… saat ini ga bisa cetak daftar kolektif terus sering eror dengan pesan nomor ID salah.ada apa? kapan bisa normal, saya ga enak ma koletktor dah pada nanya daftarnya

    • transaksi inquiry lancar ndak ada masalah tu

      • kata siapa punyaku untuk transaksi kolektif ga bisa dari pertama pakai setup gatepay 202..keluar server not respons….mohon pencerahan

  4. Bos..Tektaya saya error 663 gmana solusinya? trims

    • Ketika Anda mencoba untuk menggunakan virtual private network (VPN) sambungan pada Microsoft Windows Server 2003 berbasis komputer, Anda mungkin menerima pesan galat berikut:
      Error 633 – the modem (or other connecting device) is already in use or is not configured properly. Error 633 – modem (atau perangkat menghubungkan lain) telah digunakan atau tidak dikonfigurasi dengan benar.
      jadi cek settingan koneksi vpnnya…

  5. Pak, ketika saya konek vpn tektaya muncul pesan :
    Error 678: The remote computer did not respond.

    Gimna solusinya ya pak?
    Thanks.

  6. BOS, saya agen tektaya dah 8 bulan, ko sofware yang udah saya pke ga bisa di update dengan yg versi multy billing, kenapa?

  7. Selamat malam…..
    Om Boz,saya ada masalah dengan aplikasi gatepay tektaya.Mulanya begini,kemaren system windows dikomputer saya crash,sudah saya coba untuk me-repaire windowsnya tetep ga’ bisa,dengan berat hati & terpaksa saya format & install ulang windowsnya.Setelah saya install semua (termasuk gatepay tektaya),saya coba untuk menjalankan gatepay tektaya,status udah 7 system ready kemudian saya masukkan ID & Password terus coba login.Muncul keterangan Error : Anda tidak diperbolehkan menjalankan aplikasi gatepay menggunakan terminal PC ini.Usut punya usut ternyata SN HDnya berubah,karena dari awal SN yang saya gunakan adalah HD (bukan MA).
    Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana merubah/mengganti SN HDnya seperti semula?

    Atas bantuanya saya ucapkan terima kasih . . . . . . . . .

  8. PPOB saya kok statusnya 6 (connect) terus, kadang status ganti 0 (closed), padahal vpn sudah konek, hari, tanggal dan jam di komputer juga udah singkron, mohon pencerahannya ya pak, thanks before

  9. saya adalah pemilik loket ppob pada tanggal 20 juli 2010 kemarin ada kesalahan pada laporan trnsakasi
    setelah saya hitung secara manual ada selisih transaksi sebesar Rp. 300.000,-
    saya sudah mengiorim e-mail ke: cstektaya@gmail.com pada tanggal 25 juli 2010
    tapi sampai saat ini belum ada tanggapan
    mohon sarannya,terima kasih

  10. t45tet

  11. Usul..fee d nikin dong.. yg laen ada yg mpe 1.000
    dari dlu kit cuma 850.

  12. Aku jd agen dah 2 thn (otlet DWI SULISTYARTO-SRAGEN), aku pengin ganti hardware. bgmn cara mendptkan aplikasi vpn tektaya dan gatepay versi terbaru. syukur 2x kalo dikirimi gratis. aku program windows XP dan modem GSM.
    Mohon balasan secepatnya – Aku dah menghbngi cbng di semarang tp blm mndpt jawaban yg memuaskan

  13. mohon informasi untuk koneksi ke tektaya menggunakan sim card 3

    • sama saja yang penting dah bisa konek internet

  14. saya ada masalah dengan aplikasi gatepay tektaya.Mulanya begini,kemaren system windows dikomputer saya crash,sudah saya coba untuk me-repaire windowsnya tetep ga’ bisa,dengan berat hati & terpaksa saya format & install ulang windowsnya.Setelah saya install semua (termasuk gatepay tektaya),saya coba untuk menjalankan gatepay tektaya,status udah 7 system ready kemudian saya masukkan ID & Password terus coba login.Muncul keterangan “Aplikasi tidak sesuai silahkan download aplikasi yang baru”
    Kemudian sy ganti dg aplikasi yang baru , ternyata hasilnya masih sama, Mohon bantuannya…
    Trimz

    • coba gunakan versi 2.0.2 yang non vpn. bisa didownload di web ini

    • download versi terbaru aja yang non vpn verdi 2.0.2 ndak perlu setting vpn…jadi selama trx kita masih bisa untuk browsing

  15. saya baru ikut gabung dengan tektaya, aplikasi sudah bisa dipakai namun jika mau melakukan transaksi jawabanya selalu billing belum tersedia atau data tidak ada

    • aplikasi boleh kita buka paling cepat tgl 7 bro kalau ga berarti sudah dibayar. mudah-mudahan bermanfaat

  16. saya ingin tanya untuk program terbaru gatpay ini, kenapa kolektif tidak bisa, hanya yang jamak saja yg bisa, saya pernah telepone, katanya download baru saja, tetapi setelah di download tetap tidak bisa menjalankan kolektif kecuali yg jamak, capek deh, tolong solusinya

  17. passwoord untuk gatpay non vpn apa ya,kok gak ada tanggapannya payah

  18. paswoord tektaya non vpn= tektayainet

  19. mac address saya berubah, bagaimana cara memulihkannya ke mac address yang lama? saya lupa dengan mac address yang lama. saya diwilayah demak jawa tengah, yang bisa saya hubungi untuk wilayah demak dimana kepada siapa??

  20. pagi pak… saya agen tektaya dengan nama outlet tri wahyu abadi. getpay saya kena virus,setelah virus saya hapus getpay hilang. conect ketektaya masih bisa. tapi masuk ke getpaynya yang tidak ada filenya.. apa saya bisa update lagi pak… mohon bantuannnya. trimakasih.

  21. bos,,gate pay saya kug nda bsa ready ??
    selalu 6 : conecting mulu…
    tolong pencerahannya..

    kirim di e-mail juga bisa..!!!
    makasih !!

  22. loket saya id 143555301 ma 00-E0-4C-36-25-91 komputer gak bukak lalu saya instal semua sofwere tektaya dah tak instal dah bisa buka cum satu persoalan buat buka trek PLN gak bisa sedangkan yang lain dah bisa mhon pencerahan dan bantuannya

  23. user id saya kadaluarsa. itu kenapa padahal kemaren2 gak da masalah. tolong cara mengatasinya. trims

  24. Malam Bos. Saya dah bergabung selama 3 minggu. lalu setiap transaksi pembayaran listrik yang dipotong itu sama persis dengan jumlah yang dibayar kepada pelanggan, sehingga nilainya sama saja. lalu bagaimana caranya saya mendapatkan bonus tersebut

  25. pak,untuk NON TAGLIS TIAP SAYA ENTER BAYAR KOK SELALU MUNCUL RESPON CODE B05 KENAPA YA,SAYA JD GAK BS BERTRANSAKSI,SUDAH LAPOR VENDOR JG GAK ADA BLSN,GMN NI PELAYANANNYA KOK GINI

  26. gimana ya kok buffer saya g muncul n transaksi n report juga g bisa muncul jawabannya sll server no respons,,,,,,,,,,,,,,

  27. Aplikasi ppob saya eror ,saya sudah kompirmasi pada agen yg menawarkan. Saya harus downlod versi baru . tapi stlh saya downlod. juga belum bisa jalan . setlh PPOB sy jlankan kan semua coneksi READY ,conet 7 . OK , Yg muncul malah SALAH PROSEDUR, saya sempat kompir masikan pada pt nya .katanya SUDAH LAMA MATI. saya merasa bingung to ,padahal SALDO saya msh cukup lumayan., ……..? mhn bagaimana cara penaggulangan nya …..?

  28. saya baru daftar di tektaya… dan sudah terkoneksi
    cuma waktu transaksi gagal tapi saldo tetap terpotong.
    sudah di konfirmasi ke pengelola agen katanya saldo di kembalikan setelah di rekap malamnya.. tapi kok sampai pagi belum… trims…

  29. kenapa untuk aplikasi gatepay saya selalu gangguan dan bagaimana cara mengatasinya, apakah ada aplikasi untuk memprotek system dari gatepay ini pak terimakasih sebelumnya

  30. bisakah saya ADD YM untuk tanya2?(mohon di add YM saya, lee_luan_shin88 [at] yahoo [dot] com )
    kemudian apakah printer harus dot matrix?kalau saya pakai printer HP3920 bisa?
    mohon infonya.

  31. mas mohon , kenapa respon code : m10 id terminal salah terus ?
    tolong mas mohon bantuanya ?

  32. ass,mas kami tidak bisa melakukan pembayaran PLN Token,ketka kita akan melakukan transaksi terjadi Eroor respon Code : M91 Koneksi ke host Mitra putus….mohon bantuannya ya…

  33. klo kita salah deposit k agen lain bisa balik ga ya ?? mohon bantuannya .. dindarachmita@gmail.com

  34. saya pengguna aplikasi tektaya.tertulis di monitor info harus melakukan update batas akir agustus 2011. tapi sy tidak melakukan. bagai mana caranya biar bisa transaksi lagi. karena sekarang sy tidak bisa transaksi terhitung tgl 2 agustus 2011. mohon penjelasanya dan solusinya.karena pd tgl 1 agustus sy masih bisa transaksi maka sy mengabaikan nya.

  35. Dengan hormat
    PT. TEKTAYA .. kami loket ppob barokah jaya 55178 baru bulan ini 2011 on.. u/listrik semua lancar, tapi u pulsa dan laporan rekap harian ga bisa’ mohon u-bisa dimunculkan trims.. sukses u-tektaya

  36. YTH.
    TEKTAYA…
    BAGAIMANA… NIIIH… PROGRAM KOK GAK LENKAP… JANGAN KALAH DENGAN YG LAINYA DOONG ..PELAYANANNYA… NUHUN

  37. YTH.
    TEKTAYA…
    BAGAIMANA… NIIIH… PROGRAM KOK GAK LENKAP… JANGAN KALAH DENGAN YG LAINYA DOONG ..PELAYANANNYA… NUHUN

  38. saya pelanggan ppob dari pandeglang,,, saya mau tanya saat melakukan transaksi ppob ketika memasukan Id pelanggan tidak bisa muncul nama pelanggan ada pesan run time eror 70……..sebelumnya terima kasih…

  39. saya pengen tanya terjadi run-time error’70′:permission denied saat melakukan transaksi pembayaran. mohon bantuannya……???

  40. kenapa ketika saya ganti modem NO HD berubah dan tidak bisa masuk ke aplikasi???

  41. Selamat malam…..
    Boz,saya ada masalah dengan aplikasi gatepay tektaya.Mulanya system windows dikomputer saya digebukin virus,sudah saya coba untuk me-repaire windowsnya tetep ga’ bisa,dengan terpaksa saya format & install ulang windowsnya.Setelah saya install semua (termasuk gatepay tektaya),saya coba untuk menjalankan gatepay tektaya,status 6 system kemudian saya masukkan ID & Password terus coba login.Muncul keterangan system not ready !!!, SN MA sudah sy rubah menjadi SN HD.
    butuh pencerahan ni BOZ…………

  42. id saya 149300101
    dari lampung timur

  43. Saya Udah hampir 4 tahun bergabung ditektaya, saya kesulitan masuk ke aplikasi karena muncul respon code:M10. bagaimana cara menanganinya

  44. tolong donk gan! pc instal ulang, terus software kita jadi bermasalah, tolong kirim solusinya. pelanggan kita udah complain. sebab kita ga bisa masuk, id ga dikenal.

  45. help-help me plis karena pc instal ulang aplikasi kita ga bisa dibuka, tolong donk di add

  46. minta tolong upload atau kirim software pengubah HD .trims

  47. saya member tektaya sejak 2008. untuk program versi 201 sudah saya ganti menjadi 202. tp saya punya kendala pada audit kolektor dan report transaksi. untuk kolektor gak bs keluar datanya. padahal sudah sya input lagi. sementara saya masukkan satu persatu dan menghambat kerja saya. untuk report gak bisa. gmn solusinya..???

  48. saya pelanggang tektaya sejak tahun 2010, saya mengalami kesulitan ….., yang sebelumnya menggunakan koneksi speedy….., rencananya mau pindah ke koneksi smart atau simcard GSM. mohon petunjuk langkah-langkah untuk pindah ke koneksi modem tsb

    salam
    dari probolinggo.

  49. pembelian token via sms sering tidak keluar no tokennya padahal di laporan terbayar bagaimana mengatasinya apkah dari pihak tektaya memperhatikan hal tsb

  50. Selamat pagi, kami dari cv menfa (agent dari gatpey per 11 februari 2012,yang saya ingin tanyakan kenapa transaksi pembayrabn PDAM baik wilayah bekasi kota dan kabupaten tidak bisa melakukan transaksi.sedangkan untuk pembayaran pdam wilayah bekasi cukup pontensial mohon penjelasan dan jalan keluarnya.mealului internet banking konsumen akan dibebankan 2 x ( biaya adam pemeilik rekening dan adm unt konsumen ybs

  51. mas Saya coba instal software gatepay ver.2.0.3 dleptop lain kwoc malah gk bisa kebuka ya trus selolu muncul pesan M11 Enkripsi data eror
    mohon solusinya karna saya mau buka 2 cabang

  52. bos kl error M91 apa masalah nya,,,tolong bantuannya,,,trims

  53. bos kl error M 61 apa masalahnya,,tolong bantuannya,,trims

  54. bos gimana cara upload atau ubah HD/MA ,,tolong bantuannya,,,trims

  55. maaf pak saya mau tanya, saya adalah salah satu loket yang menggunakan jasa tektaya dengan sistem deposit.
    kemarin komputer saya error trus saya instal ulang, trapi dengan mainboard yang berbeda, trus di (sn) saya mnggunakan (HD) tapi sekarang setelah gatepay di instal lagi, nggak bisa masuk, gimana caranya supaya bisa masuk lagi pa?
    soalnya deposit saya masih ada walaupun sedikit.
    mohon di beri jawaban. terima kasih.

  56. met siang pak, saya dari loket Alwi jaya user id 556340101. kd deposit 12166 kemarin habis ganti motherboard jadi MA nya ganti dan ini MA barunya, sudah dari hari Jumat tgl 06 April 2012 blm bs di gunakan karena MA nya blm dinaikkan. ini MA barunya = MA 00-18-F3-1E-79-4C.

  57. bozz error 678, gmn solusinya…

  58. gmn nih pa, ttg printer epson lx 300 sy sdh di setting sesuai prosedur tp kok ttp g bs buat nge-print resi/struk pln ny???????

  59. smua data muncul tapi ketika di klik cetak,,ga mo nyetak.

  60. Kkenap si setiap kali transaksi PDAM Kab Bogor / Bogor Kota Tidak pernh bisa mohon bantuanya untuk di aktifkan atas perhatianya terima kasih

  61. sore pak
    pak saya agen solo id 105460101
    coneksi modem sukses pas mo koneksi vpn kok selalu error dan aplikasi g bisa READY, mohon penjelasan untuk setting vpn baru, supaya bs login
    terima kasih


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: